Mari Mengenal apa itu PBX
PENGERTIAN PBX
FUNGSI KERJA PBX
Penghubung antara jalur jaringan telepon dengan telepon dengan menggunakan nomer yang di tuju.
Menyediakan layanan akuntansi untuk kepentingan.
Menjaga sambungan selama menggunakan telepon.
Mematikan sambungan antara koneksi dengan perintah yang sesuai di telepon.
Layanan otomatis panggilan.
TIPE-TIPE PBX
PBX memiliki 4 macam tipe, yaitu :
1).PBX DIGITAL
Apa itu PBX ? PBX atau kepanjangan dari private branch exchange adalah penyedia layanan telepon yang melayani pertukaran telepon dengan pusat di dalam suatu perusahaan, dan menjadi penghubung antara telepon dari publik ke telepon perusahaan atau jaringan telepon dari perusahaan ke jaringan perusahaan lainnya di area yang lebih luas sehingga dapat tercakup oleh publik. PBX menghubungkan jaringan telepon dengan jaringan lokal dengan trunk,
Trunk adalah penghubung jalur komunikasi antara pengirim dengan penerima melalui central office. Jaringan ini menggabungkan telepon dengan faksimile, modem, dan lain-lain yang menjadi perpanjangan dari kemampuan PBX sistem melalui trunk.
Penghubung antara jalur jaringan telepon dengan telepon dengan menggunakan nomer yang di tuju.
Menyediakan layanan akuntansi untuk kepentingan.
Menjaga sambungan selama menggunakan telepon.
Mematikan sambungan antara koneksi dengan perintah yang sesuai di telepon.
Layanan otomatis panggilan.
TIPE-TIPE PBX
PBX memiliki 4 macam tipe, yaitu :
1).PBX DIGITAL
PBX jenis ini adalah pabx yang memiliki output data digital. Jenis pabx ini biasa menggunakan kabel tilion 4 kawat. Memiliki beberapa fitur seperti conference call serta menggunakan telepon khusus untuk menyambungkannya karena harus terlebih dahulu di konversi dari data digital menjadi suara. PABX Digital merupakan teknologi terbaru dari sebelumnya dan kelebihannya adalah di mana masing-masing pesawat teleponnya dapat berfungsi sebagai Operator Console.
2).PBX ANALOG
PABX jenis ini merupakan PABX yang mempunyai output atau extension sebagai sinyal analog-nya. Pabx jenis ini tidak membutuhkan telepon khusus karena sudah menggunakan sinyal analog seperti single line telephone. PABX jenis ini mempunyai kelebihan yang membuat Anda tidak perlu menyiapkan telpon khusus. Banyak perusahaan-perusahaan yang tertarik untuk membeli alat ini dan untuk penjualan PABX analog panasonic ini bisa didapatkan ditempat yang terpercaya, seperti di Indocommco.
3).PBX HYBRID
PBX jenis ini adalah PABX gabungan antara kedua pabx di atas dan memiliki 4 kabel disetiap outputnya. Dengan gabungan kedua PABX Panasonic di atas, Fitur yang didapatkan menjadi semakin lebih baik karena adanya fitur-fitur baru maupun fitur lama yang ditambahkan dan ditanamkan kembali. Salah satu mesin PABX Hybrid yang sudah ada dipasaran adalah Mesin PABX Panasonic KX-TDA 600. Dengan berbagai fitur yang ada dan kegunaannya yang fleksibel, mesin hybrid ini sebaiknya Anda miliki baik untuk digunakan di kantor maupun di rumah.
4).IP PBX
Berbeda dengan PBX yang lainnya, PBX jenis ini ini tercipta karena meningkatnya kebutuhan data yang diperlukan. Pabx jenis ini menggunakan jaringan data ip (internet protocol) sebagai jaringannya untuk mengirim berbagai percakapan dalam bentuk paket data. Ip pabx juga mampu dijalankan dengan system analog dan digital serta tentunya jaringan data ip. Selain berfungsi sebagai alat komunikasi pabx jenis ini juga bisa dijadikan sebagai modem.
Sebuah sistem IP PBX terdiri dari satu atau lebih telepon
SIP dan secara opsional VOIP gateway untuk terhubung ke jalur server, klien
SIP, baik berupa software. Fungsi IP PBX mirip dengan cara kerja proxy server,
Sebuah software contohnya softphone mendaftar ke IP PBX dan ketika mengalami
panggilan secara otomatis semua sistem itu akan terhubung pada IP PBX dan IP
PBX memiliki daftar semua ponsel sesuai SIP. Mereka dapat berhubungan dengan
rute jaringan internal dan menggunakan gateway VoIP.
KONSEP EKSTENSI DAN DAIL-PLAN
SERVER SOFTSWITCH
Extension adalah sekumpulan perintah yang dijalankan berdasarkan urutan2 dari tingkat prioritasnya. Berbeda dengan PABX , dimana extension biasanya berasosiasi dengan telepon, interface atau menu. Beberapa perintah, seperti Dial atau GotoIf, mempunyai kemampuan untuk berjalan ke perintah lain berdasarkan kondisinya.
Dalam extension asterisk sintax yang digunakan di file extensions.conf , setiap tahapan perintah dalam sebuah extension di tulis dalam format seperti
exten = extension,priority,Command(parameter)
Kesimpulanya, setiap “context” memiliki nama,setiap context dapat mendefenisikan satu atau lebih “extension”.didalam extension kita dapat memasukan sekumpulan perintah.
Komponen yang membangun tahapan perintah extension:
· Extension adalah label dari extension, dapat berupa string atau pola yang harus di evaluasi secara dinamik untuk mencocokan dengan banyak kemungkinan nomor telepon.dan setiap bagian dari extension harus memiliki label yang sama.
· Priority biasanya berupa angka integer. Adalah urutan dari perintah yang harus dijalankan dalam sebuah extension. Perintah pertama yang dijalankan harus dengan prioritas 1, jika tidak ada prioritas 1 maka asterisk tidak akan menjalankan perintah extension.dan seterusnya
· Command atau perintah adalah "aplikasi" yang akan di jalankan oleh Asterisk.
· Parameter adalah parameter yang harus diberikan kepada sebuah command. Tidak semua command / perintah membutuhkan parameter, beberapa perintah dapat dijalankan tanpa parameter
CARA KONFIGURASI EKSTENSI DAN DIAL-PLAN SERVER SOFTSWITCH PADA ASTERIX
Konfigurasi Data Account Umum :
[general] -->> context umum,harus ada
context=default -->> nama context user
port=5060 -->> default port untuk SIP
binaddr=0.0.0.0 -->> listen semua ip_addr yg request
srvlookup=yes
tos=0x18
videosupport=yes
Konfigurasi Data Account User / Extensions :
;softphone -->> nama atau nomor account
[101] (user/extension)
type=friend -->> tipe account
username=101 -->> login account
secret=101 -->> password account
host=dynamic -->> host yang menjadi IP PBX,dpt berubah
nat=no -->> tanpa NAT
dtmfmode=rfc2833 -->> RTP Payload for DTMF Digits, Telephony Tones and Telephony Signals
allow=all -->> mode codec, bisa semua jenis codec
callerid=”sip00” -->> id client
context=voipkn -->> context jaringan user
canreinvite=no -->> mekanisme canreinvite
mailbox=101@voipkn -->> username@context
Konfigurasi Dial Plan Server Softwitch
Untuk mengkonfigurasi dial plan, edit file extensions.conf dengan mengetik
nano /etc/asterisk/extensions.conf.
Pastikan bahwa seluruh perintah pada file ini sudah dinon aktifkan. Ketik perintah di bawah ini pada bagian paling akhir dari isi file extensions.conf.
;Dial antar ekstensi pada IP-PBX
[voipkn] -->> seluruh dial plan di bawah ini hanya berlaku bagi context ‘voipkn’
exten =>101,1,Dial(SIP/101,20) -->> Dial ext 101 dengan protokol SIP, time out 20 detik
exten =>101,2,Hangup -->> setelah timeout dilakukan hangup
exten =>102,1,Dial(SIP/102,20)
exten =>102,2,Hangup
SESSION INITIAL PROTOCOL (SIP)
SIP (Session Initiation Protocol) adalah suatu signalling protocol pada layer aplikasi yang berfungsi untuk membangun, memodifikasi, dan mengakhiri suatu sesi multimedia yang melibatkan satu user atau lebih. Sesi ini adalah pertukaran data antar user yang meliputi suara, video, text dan lain-lain.
SIP tidak menyediakan layanan secara langsung, tetapi menyediakan pondasi yang dapat digunakan oleh protokol aplikasi lainnya untuk memberikan layanan yang lebih lengkap bagi pengguna, misalnya dengan RTP (Real Time Transport Protocol)untuk transfer data secara real-time, dengan SDP (Session Description Protocol) untuk mendiskripsikan sesi multimedia , dengan MEGACO (Media Gateway Control Protocol) untuk komunikasi dengan PSTN (Public Switch Telephone Network).
SIP tidak menyediakan layanan secara langsung, tetapi menyediakan pondasi yang dapat digunakan oleh protokol aplikasi lainnya untuk memberikan layanan yang lebih lengkap bagi pengguna, misalnya dengan RTP (Real Time Transport Protocol)untuk transfer data secara real-time, dengan SDP (Session Description Protocol) untuk mendiskripsikan sesi multimedia , dengan MEGACO (Media Gateway Control Protocol) untuk komunikasi dengan PSTN (Public Switch Telephone Network).
CARA INSTALASI SIP
Step 1: Tahap pertama adalah menghubungkan SIP proxy dengan PBX system existingsebagai gateway ke PSTN. Untuk menghubungkan dari IP Network ke PSTN, SIP proxy akan me-routing-kan seluruh panggilan dari panggilan VoIP ke PSTN. Link koneksi bisa menggunakan PRI ISDN maupun T1. Pertama yang harus dilakukan adalah setup SIP proxy (SIP call manager), setelah set-up berjalan dengan baik, selanjutnya tinggal menghubungkan ke PBX existing dengan link ISDN, E1 atau T1.
Step 2 : Tahap selanjutnya adalah migrasi existing user dan services ke SIP. Migrasi semua handset ke SIP baik menggunakan gateway maupun mengganti dengan handsetyang native SIP. Pendekatan dengan menggabungkan keduanya biasanya menjadi pilihan yang baik. Selanjutnya adalah set-up SIP application server untuk mengakomodasi fitur-fitur yang dibutuhkan user seperti voice mail, multi-party conferencing, IVR, fine me follow me dan masih banyak lagi fitur yang disupport SIP.
Step 3 : Tahap 3 adalah melakukan routing panggilan ke luar melalui koneksi internet.Banyak operator memulai menjual SIP based dengan menawarkan layanan long distance dengan harga yang lebih murah. Yang perlu diantisipasi adalah nature network internet yang unpredictable (seperti jitter dan error rate) dan tentu saja security. Sebagai tahap awal SIP dapat digunakan sebagai alternatif untuk melakukan panggilan ketika diluar kantor atau teleworkers.
Bagaimana penjelasannya? Saya harap kalian bisa mengerti dan dapat mengamalkannya di pekerjaan :)
Komentar
Posting Komentar